Saturday, 16 June 2012

Tentang Langit: Langkah Lanjut Workshop Menulis untuk Remaja


Pada akhirnya, buku Tentang Langit, kumpulan tulisan peserta workshop menulis untuk remaja ini berada dalam genggaman. Ini merupakan kumpulan tulisan berupa cerpen, puisi dan esai dari peserta Workshop Menulis untuk Remaja, yang telah diadakan beberapa bulan sebelumnya. Merupakan program lanjutan dari acara panjang tersebut.
Awal tahun ini, Balai Soedjatmoko bekerja sama dengan Buletin Sastra Pawon memang mengadakan sebuah workshop menulis untuk remaja. Acara ini bahkan sudah dimulai sejak beberapa bulan sebelumnya. Tercatat sejak akhir tahun 2011 panitia sudah bergerak mencari peserta workshop dari berbagai sekolah, yang dibatasi dari SMU kelas satu hingga mahasiswa semester 2.
Acara workshop sendiri dimulai tanggal 28 Januari 2011, dengan materi cerpen yang diampu oleh Indah Darmastuti  yang membicarakan bagaimana mencari ide, dan Han Gagas yang mengulas tentang tokoh dan karakter.
Tanggal 11 Februari 2012, dua minggu berselang, kembali Han Gagas menambahkan materinya tentang setting dan plot. Kali ini dengan Lasinta Ari Nendra menambahkan tentang dan Yudhi Herwibowo memberi ulasan tentang mengatasi kebuntuan menulis.
Materi puisi dimulai pada tanggal 25 Februari 2012. Puitri Hati Ningsih mengawali dengan pengenalan puisi. Bandung Mawardi dan Fanny Chotimah melanjutkan materi dengan jalan-jalan puisi dan tari puisi.
Di tanggal 10 Maret 2012, acara esai dimulai oleh Yunanto Sutyastomo tentang pengenalan esai dan dilanjutkan oleh pembicara tamu, Budiawan. Hadir juga pada hari ini pembicara tamu lainnya Sosiawan Leak, yang mengulas puisi dan performance.
Minggu kelima, tanggal 25 Maret 2012, acara esai di mulai. Kali ini Fanny Chotimah memulai dengan pengenalan esai dan Bandung Mawardi memulai dengan esai lanjutan
Di minggu terakhir, 14 April 2012, pembicara tamu Sanie B. Kuncoro bercerita tentang pengantar  menulis novel. Dan acara kemudian ditutup oleh Yudhi Herwibowo yang mengulas seluk beluk penerbitan naskah.

*****

Acara workshop kali itu diikuti dari berbagai sekolah dan kampus, seperti: SMAN 2 Surakarta, SMA Pangudi Luhur Santo Yosef, SMA Batik 2 Surakarta, SMAN 4 Surakarta,  SMKN 7 Surakarta, SMA Negeri 1 Kartasura , Madrasah Aliyah Al Muayad, Amikom Cipta Darma Surakarta, Psikologi UNS,  Pendidikan Bahasa Inggris UNS,  Ilmu dan Teknologi Pangan UNS,  Pendidikan Matematika UMS, Ilmu Sejarah UNS, Fisip UNS,  Teknik Mesin UNS,  dan Sastra UNS.
Walau dalam proses berjalannya workshop, beberapa peserta memilih mundur di awal atau pun di tengah jalan, acara tetap berlangsung antusias. Pertemuan keempat, merupakan pertemuan dengan peserta paling sedikit. Faktor  penyebab dominan adalah karena pada minggu-minggu tersebut para siswa tengah menjalani mid semester. Tapi di ending acara workshop ini peserta kembali berkumpul di pertemua terakhir. Maka itulah waktu launching buku Tentang Langit ini kemudian bisa digagas.
Kini kami tinggal berharap beberapa dari adik-adik peserta workshop ini bisa bertahan di rimba penulisan yang berat dan menantang, namun tetap selalu menyenangkan untuk dilalui.

****
Pawon

No comments: