Sunday, 10 February 2008

Sebuah Surat dari Pembaca

Assalamualaikum wr wb.

Bersama surat sederhana ini, saya panjatkan doa semoga pengasuh dan segenap pengurus seluruh anggota Rumah Sastra Pawon dalam keadaan sehal walafiat.

Sebelumnya perkenalkan nama saya Miftahul Abrori, saya alumni MA Al Muayyad Mangkuyudan, Solo dan sekarang kuliah di Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Surakarta. Selama ini saya suka menulis dan alhamdulillah beberapa puisi dan cerpen saya pernah terpublikasikan lewat Solopos, Suara Merdeka dll.

Saya tak tahu persis seperti apa sih Forum Rumah Sastra? Bagaimana cara menjadi anggota, visi dan misi serta agenda acaranya seperti apa? Sepengetahuan saya Rumah Sastra adalah komunitas para penulis di Solo yang mempunyai majalah sastra PAWON, walaupun sampai saat ini saya belum pernah memegang dan membacanya.

Akan tetapi sebagai penulis pemula, saya ingin mengoptimalkan dan mengembangkan minat saya terhadap sastra lewat forum ini. Untuk itu semoga pihak Rumah Sastra bersedia membantu dan memberi penjelasan kepada saya mengenai forum ini.

Demikian semoga surat ini diterima dengan baik. Surat balasan saya tunggu dengan alamat: Jl. Slamet Riyadi 63, Solo atau lewat e-mail: miftahma@yahoo.co.id.

Atas segala perhatiannya saya sampaikan easa terima kasih.

Wassalamualikum wr wb.

Jawaban Redaksi:

Terima kasih buat Mas Miftah yang susah-susah menuliskan surat dan mengeposkannya ke alamat redaksi (padahal sama-sama Solonya). Mengenai Rumah Sastra bisa dibilang sebagai ruang serbaguna. Di sini adalah “kantor” redaksi buletin sastra PAWON dan penerbit Gerilya Peradaban. Rumah Sastra juga tempat berlangsungnya Kelas Menulis Fiksi (KMF), sebuah program berbayar mengasah kemampuan menulis. Kemudian, ada taman baca (terutama buku-buku sastra) yang bisa dibaca ditempat atau disewa dengan harga super murah.

Yang terpenting, Rumah Sastra tempat berkumpulnya penulis muda Solo buat sekedar ngobrol, ketemu, mengadakan kegiatan sastra dan “menampung” tamu-tamu penulis kaliber regional dan nasional.

Kami juga sering mengadakan rapat merancang agenda sastra di sini. Barangkali jika diibaratkan, Rumah Sastra itu studio sastra sekaligus sekretariatnya para penulis.

Itu dulu penjelasannya ya, Mas Miftah? Untuk kontak bisa melalui e-mail: pawonsastra@yahoo.co.id atau SMS ke 0888 297 8004.

Ancer-ancer Rumah Sastra: di depan BNI Jl Sutami (Kentingan, Jebres) ada Gg. Kepuh, masuk terus sampai hampir mentok, kanan jalan ada rumah bergambar Chairil Anwar dan Pramoedya Ananta Toer. Itulah Rumah Sastra!

No comments: